Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Labuan Bajo

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Tidak hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan asing juga datang untuk berlibur di Labuan Bajo.

Tentu tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke Labuan Bajo tanpa membeli beragam oleh-oleh sebagai buah tangan. Selain kain tenun, ada beberapa oleh-oleh khas Labuan Bajo yang bisa dibawa pulang, termasuk kudapan dan berbagai produk UKM lokal.

Berikut rekomendasi oleh-oleh Labuan Bajo yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Pia Bajo

Pia Bajo merupakan perpaduan antara pia legong Bali dan pia mangkok Malang. Kudapan ini punya ciri khas renyah pada lapisan luar, sementara bagian dalamnya lembut.

Ada tiga varian Pia Bajo yang mereka jual, yaitu keju, kacang hijau, dan cokelat. Varian paling laris adalah pia cokelat.

Harga pia bajo dibanderol mulai dari Rp50.000-Rp70.000 untuk kemasan 700 gram. Pia bajo dapat ditemui di berbagai pusat oleh-oleh.

2. Kompiang

Kompiang adalah kudapan khas Labuan Bajo yang rasanya gurih dengan tekstur yang lebih padat dari roti, serta diberi taburan wijen pada sisi atasnya. Terdapat lubang di tengah kompiang yang diisi aneka rasa.

Aneka rasa yang dijajakan cukup beragam, mulai dari cokelat, keju, ayam, ayam sayur, jamur pedas, tuna, tuna mayo, tuna pedas, sapi jamur, beef ham and chesee, dan masih banyak lagi.

Kompiang rasa original tak hanya menjadi oleh-oleh khas wisata NTT Labuan Bajo, namun juga populer di seluruh Manggarai Raya. Harga satu buah kompiang dibanderol mulai dari Rp 1.000 sampai dengan Rp 9.000, tergantung varian rasa.

3. Kopi Manggarai

Daerah Manggarai terkenal akan biji kopi yang berkualitas dengan aroma khasnya. Wisatawan dapat menemukan banyak sekali toko yang menjual bubuk kopi siap saji, baik varian robusta maupun arabika, dan menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Labuan Bajo.

Wisatawan juga dapat membeli beragam jenis biji kopi yang sesuai dengan kantong. Misalnya, merek Kopi Tubruk Rempah dari Kopito yang dibanderol mulai dari Rp15.000.

Kemudian ada pula biji kopi Manggarai asli yang dijual oleh Beta Kopi Bajo seharga Rp46.000 untuk kemasan 200 gram. Sedangkan untuk bubuk kopi Arabika Manggarai dijual seharga Rp85.000 dan bubuk kopi Robusta Manggarai dijual seharga Rp60.000 oleh Ponan Coffee.

4. Kain Songke

Tenun songke Manggarai sangat mudah ditemui di berbagai toko penjual suvenir. Kain songke dijual mulai dari ratusan ribu Rupiah hingga puluhan juta Rupiah.

Kain Songke Manggarai merupakan salah satu bentuk seni rupa tradisional yang unik. Seni tenun ini butuh ketelitian serta ketekunan dalam proses pembuatannya.

Selain itu, ragam motif Songke Manggarai tidak hanya sekedar hiasan dan ornamen semata. Namun, juga punya makna mendalam terkait budaya orang Manggarai.

5. Aneka Olahan Ikan Laut

Sebagai daerah pesisir, Labuan Bajo punya banyak sekali hasil olahan ikan laut, termasuk abon, se’i, koya, dan aneka sambal. Ada sambal ikan asap cakalang dari Koro Dhega yang dibanderol mulai dari Rp25.000 untuk kemasan 150 gram.

Kemudian ada pula abon ikan dari Indo Latifa yang dijual mulai Rp30.000, dan sambal ikan asing dari Sambal Kapten yang dibanderol mulai dari Rp35.000.

6. Kue Jintan

Jintan merupakan camilan khas dari Labuan Bajo yang bentuknya mirip dengan dengan biji ketapang khas Betawi. Namun dari bahan dasar dan rasa kedua makanan ini tentu berbeda karena Jintan merupakan camilan manis sejenis roti kering.

Kue Jintan dibuat dengan beberapa bahan utama seperti tepung terigu, jintan, telur, dan mentega. Kue jintan menjadi salah satu oleh-oleh Labuan Bajo terpopuler. Jintan sangat mudah ditemukan dan tersedia hampir di seluruh toko oleh-oleh di Labuan Bajo.

“https://www.liputan6.com/regional/read/5184000/tak-cuma-berwisata-ini-9-rekomendasi-oleh-oleh-khas-labuan-bajo”

Posted in ,

RELATED POSTS

Cari Artikel

Peta Lokasi

Galeri Foto

Berita Terbaru